Program 1000 Beasiswa

Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini dikenal sebagai IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tercatat banyak prestasi yang telah ditorehkan IPB dalam 3 tahun terakhir, salah satunya adalah menjadi kampus terbaik nomor 1 (satu) tahun 2020 versi Kemendikbud. Menjadi kampus terbaik nomor satu tentunya IPB selalu berbenahuntuk bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan inovasi dan risetnya sesuai visinya. Tidak hanya itu IPB terkenal juga sebagai kampus berwawasan kewirausahaan dan kampus paling inovatif dalam skala nasional. Maka dari itu tidak heran apabila banyak putra putri terbaik bangsa yang ingin bisa menjadi bagian dari IPB.

Dibalik semua kemajuan dan penghargaan yang diterima IPB, ada hal yang tidak pernah berubah yang selalu dilakukan IPB, yaitu tetap menjadi perguruan tinggi yang paling memegang Prinsip Education for All (pendidikan bagi semua kalangan). Diketahui IPB merupakan Lembaga yang paling besar kontribusinya mengubah nasib anak bangsa dari kalangan bawah menjadi kalangan menengah dan atas. Bahkan tercatat IPB merupakan perguruan tinggi dengan tingkat mahasiswa kurang mampu tertinggi. Transformasi sosial vertikal sukses dilakukan karena IPB selalu mengedepankan kualitas input daripada kemampuan ekonomi dari peserta didik.  

Di tengah pandemi COVID 19 yang cukup mempengaruhi kondisi perekonomian dunia dan Indonesia menyebabkan peningkatan jumlah mahasiswa IPB yang membutuhkan bantuan khususnya terkait pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Selain karena jumlah mahasiswadari jalur kurang mampu  jumlahnya cukup tinggi, diperparah dengan adanya PHK dari beberapa orang tua mahasiswa yang awalnya mampu membayar menjadi kesulitan membayar. Padahal potensi akademik mereka cukup bagus, dan sayang jika mahasiswa tersebut harus putus kuliah karena keterbatasan dana. Saat ini mereka sedang dalam posisi yang lemah dan perlu dibantu, namun tidak menutup kemungkinan di tangan merekalah nasib bangsa ini bisa menjadi lebih baik di masa depan. Konsistensi IPB dalam mengubah nasib anak bangsa ini tetap akan dipertahankan dan untuk tujuan tersebut maka kerjasama dan kepedulian semua pihak sangat diharapkan. Atas dasar hal tersebut, IPB mengajak kepada para donatur baik perorangan maupun lembaga untuk bisa berkontribusi dalam program 1000 beasiswa mahasiswa.