Program KALISA IPB

Program Kalisa (Wakaf Peduli Indonesia) adalah suatu gerakan wakaf uang sebagai respon terhadap COVID 19. KALISA IPB bertujuan untuk membantu para mahasiswa IPB yang mengalami kesulitan dalam pembayaran SPP akibat dampak COVID 19. Gerakan ini dilakukan dengan cara menggalang dana dari civitas akademika, alumni dan mitra serta masyarakat umum. Dana wakaf yang disampaikan oleh para donator/wakif dapat bersifat sementara (Sedekah Anda Utuh dan Dapat Diambil Kembali) atau abadi.
Dana wakaf yang terhimpun akan ditempatkan pada instrumen keuangan syariah yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bagi hasil atas penempatan dana wakaf tersebut akan didistribusikan pada para mahasiswa IPB yang membutuhkan bantuan dalam pembayaran SPP yang keluarganya terdampak COVID 19
Melalui KALISA IPB dan program Dana Sosial lainnya dalam jangka pendek diharapkan mampu membantu mahasiswa yang terdampak COVID 19, mendukung program filantropi institusi, dan dalam jangka panjang menyediakan endowment fund untuk mendukung pengembangan IPB University. Jika universitas memiliki endowment fund yang cukup dari penghimpunan dan pengelolaan wakaf, dana wakaf uang sebagai respon terhadap COVID beasiswa kepada seluruh mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menuntut ilmu secara gratis di IPB University. Hal ini juga menjadi bagian dari perwujudan IPB University yang selama ini dikenal sebagai “KAMPUS RAKYAT”. Selain itu, endowment fund tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi program peningkatan kualitas pendidikan seperti: mendatangkan profesor-profesor kelas dunia, mengembangkan riset-riset untuk Nobel Prize, mengembangkan pelayanan, menyediakan fasilitas-fasilitas pendidikan yang berkualitas dunia, dan pengembangan lain.