Program Wakaf Lahan Pemakaman

Perjalanan setiap insan di dunia, pasti akan berakhir bila sudah saatnya Allah memanggil kita untuk kembali dan tidak seorangpun yang bisa mengelaknya. Seringkali kematian datang secara tiba-tiba bahkan di saat pandemi Covid 19 ini, semakin sering mendengar teman atau kerabat meninggal secara tiba-tiba. Banyak diantara kita mungkin belum mempersiapkan tempat untuk peristirahatan terakhir jika waktu itu datang, padahal waktu kembali menghadap Allah itu sesuatu yang pasti, hanya kita tidak tahu persis kapan waktu itu akan terjadi, apakah besok atau bahkan beberapa tahun lagi. Oleh karena itu selain penting menyiapkan bekal akherat tentunya juga perlu dipersiapkan “makam” tempat kita beristirahat terakhir sebelum dibangkitkan kembali kelak.

IPB sebagai perguruan tinggi besar dan terkenal, tentu memiliki civitas academika dan staf yang cukup banyak. Saat ini IPB belum memiliki lahan untuk makam bagi keluarga besar IPB, sementara beberapa universitas lain sudah memilikinya. Kebutuhan akan makam bagi keluarga besar IPB semakin terasa ketika secara berturut-turut dosen dan tenaga kependidikan IPB meninggal terkena covid 19. Seringkali kematian yang tiba-tiba ini membuat keluarga almarhum kebingungan mencari tempat untuk memakamkan jenasah. Dengan semakin terbatasnya tanah makam yang tersedia ditambah persaingan peruntukan lahan dengan aktivitas ekonomi yang lain membuat semakin sulit mencari lahan untuk makam. Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada saat ini relatif sudah penuh sehingga perlu dicarikan alternatif tempat lain untuk menampung kebutuhan lahan untuk makam.

Mempertimbangkan situasi demikian maka, BPIDS memiliki gagasan untuk menyediakan tempat pemakaman bagi keluarga besar IPB. Agar ke depannya tidak timbul kesusahan mengurus jenazah dikarenakan belum adanya lahan pemakaman. Disamping itu, minimnya kesadaran dari setiap warga dan civitas untuk mewakafkan/menjariahkan sebagian tanahnya untuk dijadikan lahan pemakaman, menuntut kami untuk berfikir mencari bantuan ke berbagai pihak terutama kepada para dermawan untuk turut memikirkan dan membantu menyediakan lahan untuk pemakaman tersebut.